Wednesday, June 14, 2006

Kwetiaw siram tom yam gong

Dijamin ngiler dech liat gambarnya........ hmmm yummi-yummi, asam, pedas, seger dan wangiii..... resepnya aku ambil dari DB postingannya teh Inong dan di modified sedikit :

Tom yam gong
(sup udang pedas dengan daun jeruk)
[Thailand]
posted by Inong – modified by uceu

Bahan-bahan:
- air 225 ml --- (aku buat kaldu dulu dengan merebus kepala udang sekitar 1/2 jam)
- cabai merah iris
- daun jeruk 1 lbr ---- (aku pake 2 lembar)
- daun ketumbar 10 lbr ---- (daun ketumbar aku masukan di mangkok saji, tidak ikut direbus)
- daun sereh 5 batang
- jamur 5 buah --- (aku pakai jamur kancing)
- jeruk nipis 1 sdm --- (aku pakai 2 sdm)
- lengkuas 5 iris
- minyak ikan 2 sdm ---(aku pakai 3 sdm)
- saus Tom yum 1 1/4 sdt (sendok teh) --- (aku pakai 3 sdm)
- susu encer 1 1/2 sdm --- (aku gak pake susu)
- udang ukuran sedang 5 ekor --- (aku tambahkan cumi, kakap, tambahkan udang kecil2-kepalanya diambil buat bikin kaldu)

Cara membuatnya:
- Didihkan air, kemudian masukkan lengkuas, sereh,
dan udang. Lalu masak sampai matang.
- Masukkan jamur, daun jeruk, saus tom yum, daun
ketumbar, dan aduk hingga rata bumbu dengan
minyak ikan.
- Lalu tambahkan susu, kemudian aduk rata supaya
susu menyatu dengan kuah. Setelah mendidih,
angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk. (kalo aku gak pake susu, jadi step yang ini diabaikan).

No comments:

UCEUHOMEMADE

Welcome to the wonderful world of cooking.....
the beauty of cooking that inspire my life.